Description
Description
Description
Description
Description
Description
Description

Rabu, 12 Oktober 2016

Ponpes Darussalam Menyemarakkan Hari Santri 2016 di Kab Banjar


PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MARTAPURA MENGIKUTI PERINGATAN HARI SANTRI 22 OKTOBER DI KABUPATEN BANJAR

Martapura Kabupaten Banjar telah dikenal sebagai kota santri. Sejak munculnya tokoh Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary kota Martapura menjadi tujuan utama para penuntut ilmu agama di penjuru Kalimantan hingga sekarang. Saat ini telah ada lebih dari 100 pesantren ada di Kabupaten Banjar, 20 diantaranya adalah pondok pesantren besar termasuk Pondok Pesantren Darussalam yang terkenal memiliki 12 ribu lebih santri. Para santri ini tidak hanya berkiprah dalam kehidupan keagamaan saja namun tenyata juga ikut berperan sebagai pelaku aktif dalam dunia ekonomi, sosial, politik dan pemerintahan, bahkan Bupati Banjar saat ini adalah seorang santri, kyai, pimpinan Pondok Pesantren Darussalam. Oleh karena itu tepatlah kiranya dikatakan bahwa inilah Saatnya santri menciptakan momentum, momentum untuk bangkit. Bangkit mengembalikan citra kota santri sebagai serambi mekkah yang sebenarnya. Serambi Mekkah yang lebih sejahtera dan barokah

Kegiatan ini bernama “Peringatan Hari Santri 22 Oktober se Kabupaten Banjar” dengan tema “SERAMBI MEKKAH BANGKIT BERSAMA SANTRI

Kegiatan Peringatan Hari Santri 22 Oktober akan dilaksanakan dalam bentuk :
  1. Pameran 
  2. Perlombaan antar santri pesantren dan pondok pesantren se Kabupaten Banjar (Tilawah, Maulid, dan Khat)
  3. Tabligh Akbar
  4. Seminar Hari Santri dan Pondok Pesantren
  5. Kirab Santri
  6. Tanglong
  7. Sepeda Religi

Tujuan kegiatan ini adalah :
  1. Ditetapkannya Hari Santri tanggal 22 Oktober oleh pemerintah merupakan momentum paling tepat untuk membangkitkan kaum santri agar lebih banyak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan menegaskan keberadaannya yang amat penting dalam membangun dan memelihara NKRI. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kaum santri dan pondok pesantren dapat lebih bersemangat untuk lebih mengembangkan dirinya, dan masyarakat umum dapat menyadari akan peran penting para santri dalam membangun dan memelihara NKRI sehingga mereka dapat lebih mengapresiasi keberadan kaum santri dan diharapkan ikut serta melestarikan bahkan menjadi bagian dari santri itu sendiri. 
  2. Kegiatan pameran pesantren bertujuan memamerkan profil, kiprah, dan karya/ prestasi pondok pesantren. Memberikan ruang pada publik untuk mengapresiasi capaian pondok pesantren dalam membangun kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Berkumpulnya kaum santri beserta pondok pesantrennya dengan keragaman ciri khas dan keunikannya masing-masing dalam satu wadah kegiatan diharapkan menjadi ajang silaturrahim, studi banding dan evaluasi antar lembaga pondok pesantren untuk lebih mengembangkan dirinya di masa mendatang.
  4. Momentum perayaan hari santri dengan diisi berbagai kegiatan bernuansa islami dengan memadukan unsur pendidikan, pameran dan hiburan diharapkan akan dapat mengembalikan citra Martapura Kabupaten Banjar sebagai kota santri dan kota serambi mekkah. 

Pusat kegiatan ini di Ruang Terbuka Hijau Ratu Zalecha Martapura (RTH Raza) tanggal 19-22 Oktober 2016. Dimulai dari jam 16.00 s/d 23.00 Wita (jeda istirahat waktu maghrib sampai isya).

Baca Juga

Posting Komentar

No Spam !
Silahkan berdiskusi dengan baik dan sopan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © PP-Darussalam
Template by : EL MAHBUB