Description
Description
Description
Description
Description
Description
Description

Minggu, 10 Juli 2016

Berdirinya Madrasah Ibtidaiyah di Darussalam

Pada  periode  kepemimpinan  Pesantren  Darussalam dipegang  oleh  KH.  Badruddin  (1976-1992).  Pada  masa  ini modernisasi  pesantren  terus  berlangsung  sejalan  dengan perkembanganmasyarakat sekitar, dimana pesantren Darussalam tidak  hanya  sebatas  memberikan  pendidikan  agama  namun didirikan  juga  lembaga-lembaga  pendidikan  umum  seperti  MI Darussalam, SMP Darussalam, SPP-SPMA dan STM/SMK yang mengacu  kepada  kurikulum  Depdiknas.  Pada  masa kepemimpinan KH. Badruddin inilah  MI  Darussalam didirikan secara resmi Pada  tahun  1978  MI  Darussalam  ini  dilaksanakan dengan kegiatan belajar mengaja rsecara teratur dan terprogram dengan  sistem  pendidikan  menggunakan  kurikulum  pondok pesantren/Diniyah,  dan  dengan  ditambah  kurikulum Kementerian Agama dalam proses pembelajarannya.

Madrasah Ibtidaiyah  ini  terletak  di  dua  tempatyaitu  yang  pertama terletak  di  Jalan  KH.  Kasyful  Anwar  Kelurahan  Pasayangan Martpura, dan yang kedua terletak di Jalan Perwira DesaTanjung Rema Martapura. Kedua lokasi ini berjarak kurang lebih 2 Km.

Didirikannya  madrasah  ini  merupakan  sebuah  upaya yang dilakukan oleh Yayasan  PP. Darussalam  Martapura dalam menjawab Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yaitu Menteri  Dalam  Negeri,  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan, dan  Menteri  Agama  pada  tahun  1975.  Isi  daripada  SKB  Tiga Menteri tersebut adalah tentang ”Peningkatan Mutu Pendidikan pada Madrasah”.

Tujuan lain didirikannya  madrasah  ini adalah untuk  menyiapkan  parasantri  yang  siap  beradaptasi  dengan lingkungan perkotaan maupun pedesaan karena mereka pandai ilmu  Agama  serta  mampu  memahami  wawasan  dan pengetahuan  umum.

Kenyataan  di  atas  sekaligus  memberikan sebuah jawaban bahwa  PP. Darussalam  bukan hanya mendidik para santri untuk urusan akhirat semata namun lebih dari itu PP. Darussalam  Martapura  selalu  berupaya  agar  para  santri  dapat beradaptasi  dengan  lingkungan  tempat  dimana  tinggal,  baik pedesaan  maupun  perkotaan,  dari  lembaga  pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan.
Alasan  lain  didirikannya  madrasah  ini  adalah merupakan  persiapan  kader  guru  yang  berasal  dari  PP. Darussalam  agar  mampu  mengajar  bukan  hanya  dalam pendidikan  agama  secara  tradisional  namun  juga  dapat menyesuaikan  diri  dengan  kebutuhan  lingkungan  (multi talenta).

Untuk  merealisasikan  tujuan  tersebut  di  atas,  MI Darussalam  menerapkan  kurikulum  PP.  Darussalam  dankurikulum Kementerian Agama dalam proses pembelajarannya.

Namun pada awal berdirinya  MI  Darussalam ini hanya sedikit sekali  menerapkan  kurikulum  Kementerian  Agama  dalam proses  pembelajaran.  Hal  ini  dikarenakan  alokasi  waktu  yang tersedia tidak mencukupi untuk menerapkan keduanya.

Pada  masa  kepemimpinan  kepala  sekolah  Guru  H. Abdan (1985-1987) barulah lembaga ini menerapkan kurikulum Kementerian  Agama  secara  keseluruhan ditambah  lagi  dengan kurikulum dari PP. Darussalam.
Baca Juga

Posting Komentar

No Spam !
Silahkan berdiskusi dengan baik dan sopan.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Copyright © PP-Darussalam
Template by : EL MAHBUB